Senin, 15 Oktober 2012

KEGIATAN HMI CABANG MALANG KOMISARIAT TEKNOLOGI PERTANIAN UB

1. Bakti Sosial


Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berbagi pada sodara kita yang kurang mampu. Selain itu, pengabdian masyarakat atau baksti sosial merupakan bukti otentik akan tridarma perguruan tinggi. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengadakan bakti sosial yang diselenggarakan di daerah batu pada bula april lalu. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan ESA 1 “Entrepreneur and Sosial Activity 1.  
Acara bakti sosial ini mengusung tema “menambah wawasan untuk entrepreneur muda”, acara baksos ini meliputi kegiatan – kegiatan untuk masyarakat. Diharapkan, selain mengaplikasikan ilmu yang kita dapat dibangku kuliah, kita juga belajar dari masyarakat sekitar yang lebih paham problematika teknologi pertanian. Kegiatan bakti sosial ini meliputi penyuluhan biogas oleh bapak – bapak peternak sapi, pelatihan produk olahan susu sapi kepada ibu – ibu, dan belajar bareng bagi adik – adik yang masih sekolah.


2. Kunjungan Industri 
Masih satu rangkaian dengan ESA 1, HMI mengadakan kunjungan ke industri – industri kecil menengah di daerah batu, industri tersebut yaitu “R-Rovit”, sebuah industri minuman rosela yang baru dirintis beberapa tahun lalu, tetapi sudah mempunyai segmen pasar yang luas. Disini kita belajar menjadi usahawan sejak muda seperti owner R-Rovit itu sendiri, kita berbagi ilmu dan penglaman untuk berwirausaha dengan modal yang minim tapi berprospek luas. Selain R-Rovit kita juga mengunjungi industri pembuatan keripik kentang, disini kita belajar bagaimana pembuatan kentang dan pengelolaan pasar yang baik. Kegiatan yang tergabung dalam ESA 1 ini diselenggarakan oleh bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP), salah satu bidang di HMI komisariat Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.
 
3. Aksi Solidaritas 
HMI turut berdukacita terhadap bencana yang menimpa saudara – saudara kita di semeru dan mentawai, kita mengadakan aksi solidaritas dengan turun ke jalan untuk mengumpulkan sumbangan berupa uang, dan juga pengumpulan barang layak pakai untuk dikirimkan ke wilayah bencana.




4. Bakti sosial bersama komisariat lain 
Selain bakti sosial yang diadakan oleh HMI komisariat Teknologi Pertanian, HMI Komisariat Teknologi Pertanian mendapat kohormatan untuk menjadi pemateri pengembangan produk pada bakti sosial yang diadakan HMI komisariat Pertanian di daerah kalitekuk malang selatan.



 
5. Syukuran di Rumah alumni
HMI merupakan organisasi yang menjunjung tinggi asas kekeluargaan, faktor usia maupun angkatan tidak menjadi penghalang untuk berjalannya silaturrahmi. Cak Edi (alumni FTP-THP tahun 1998) mengundang para kader untuk syukuran dirumahnya yang terletak di sawojajar.



6. Silaturrahmi
HMI mendidik anggotanya untuk menjadi orang yang bermanfaat dan berprestasi, seperti halnya Dr. Ir. Bambang Susilo. M.sc.Agr. yang merupakan dekan Fakultas Tekonolgi Pertanian adalah alumni HMI yang senantiasa membagi ilmu dan pengalamannya dalam berorganisasi maupun akademisnya.





7. Wirausaha
G&B entreprise” adalah lembaga semi otonom yang dimiliki HMI komisariat Teknologi Pertanian, G&B memfasilitasi kader – kader yang mempunyai usaha baik dibidang pangan maupun bidang lainnya. Foto diatas adalah salah satu kegiatan G&B ketika ada PIMNAS di Universitas Brawijaya, kita mendapat kehormatan untuk mengisi stan bazar selama PIMNAS berlangsung.


8. Diskusi
Antara organisasi dan akademik perlu adanya kesenambungan, itulah yang didiskusikan seperti foto diatas, tips dan dan trik memanagement waktu itu diisi oleh kader – kader HMI sendiri yang berprestasi didalam bidangnya. Yakni Jhauharotul M (THP 08) peraih IPK tinggi FTP, Aulia Nur Mustaqiman (TEP 07) selaku presiden BEM FTP, dan Hadi Apriliawan (TEP 07) Mahasiswa Berprestasi FTP.
Selain diskusi terkait keorganisasian dan akademis, diskusi di HMI juga biasa dilakukan, meliputi isu – isu terkini dan hal – hal yang penting bagi pengetahuan mahasiswa.
  


9. Syukuran atas prestasi
Alhamdulillah.. atas kekuasaan ALLAH SWT para kader HMI dapat berprestasi di bidang penulisan karya ilmiah. Semua prestasi ini tidak terlepas dari dukungan dan semangat kawan-kawan HMI. Rasa kekeluargaan yang begitu mengikat erat dalam organisasi ini, dengan beberapa prestasi yang ditorehkan kawan-kawan HMI perlu disykuri dengan tumpengan dan doa bersama. Beberapa kader HMI menjadi juara di ajang nasional dan international. Yakni Hadi Apriliawan (TE 07) mendapat penghargaan setara EMAS di bidang penelitian PIMNAS, Fathy Bahanan (TE 07) juara 3 kompetisi Teknologi Pangan International-USA.

      10.  Rekreasi
Untuk memulihkan fikiran setelah UAS, HMI mengadakan wisata ke pantai kondangmerak yang ada dimalang selatan.
           
   




  
  
      11. Wirausaha Mandiri
Universitas Brawijaya goes to enterpreneur university itulah yang digembor – gemborkan universitas brawijaya saat ini, sebagai anggota HMI tentunya kita tidak mau ketinggalan dengan jargon itu. Salah satu upayanya adalah dengan berjualan bunga ketika moment – monent teertentu.   




 12.  Science 
Salah satu bidang di HMI mempunyai tugas untuk memfasilitasi profesi kader – kadernya, diantaranya adalah moment ilmiah seperti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), HMI membentuk tim khusus dalam PKM untuk kemudian di follow up. Seperti foto diatas merupakan salah satu kegiatan PKM tim dari HMI, kita melakukan pengabdian masyarakat di panti asuhan.
 

3 komentar:

  1. Sekedar share, liputan yg baik bisa menjawab 5W 1H (What, When, Where, Who, Why dan How). Tp ini cukup mantap dan bisa dikembangkan.. Sukses!!!

    BalasHapus
  2. terimakasih kritik dan saran yang diberikan. :)
    bisa kami jadikan motivasi untuk lebih baik kedepannya. amien

    BalasHapus
  3. bagaimana untuk gabung mas ,saya TEP 2013

    BalasHapus